Thursday, September 17, 2015

Humas di Universitas Tarumanagara

Topik pembahasan di kelas Kapita Selekta pada hari Kamis tanggal 17 September 2015 ialah Humas di Universitas Tarumanagara yang dibawakan oleh dosen Kehumasan Universitas Tarumanagara yaitu Bapak Yugih Setyanto, S.Sos., M.Si. 


Dan kelas Kapita Selekta kali ini juga dihadiri oleh Kepala Humas Universitas Tarumanagara yaitu Ibu Dra. Paula Tjatoerwidya Anggarina, M.M. 


Dalam pertemuan kelas Kapita Selekta kali ini Bapak Yugih menjelaskan kepada kami tentang apa saja yang termasuk kedalam  PR (Public Relations) profit dan PR non profit.  
  • PR profit        : Institusi atau organisasi
  • PR non profit : Pemerintah
Selain itu, Bapak Yugih juga menjelaskan bahwa dalam perguruan tinggi kerja PR itu istimewa. Walau perguruan tinggi mencari profit/keuntungan, tapi perguruan tinggi pun memberikan pelayanan sosial.

PR Universitas Tarumanagara (Untar) menciptakan dan membangun hubungan harmonis Untar dengan masyarakat (internal dan eksternal), mempromosikan dan meningkatkan citra baik Untar, serta mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan agar berjalan seiring.
  • Public Internal    : Publik yang berada di dalam sebuah institusi yang bisa dikendalikan oleh PR,    co : Karyawan
  • Publik Eksternal : Publik yang berada di luar sebuah  institusi yang tidak bisa dikendalikan oleh PR, co : Media Massa
PR Untar sudah menjalankan hubungan eksternal dengan baik/maksimal khususnya kepada pemerintahan. 

Selain itu, Untar juga ingin meningkatkan jalinan hubungan eksternal-nya dengan media massa agar Untar dapat mempublikasikan hal-hal positif yang dipunyai Untar. Maka dari itu Untar melakukan media relations, dengan cara:
  • Media visit : Untar berkunjung ke media cetak (koran), yaitu kantor harian Media Indonesia, kantor harian Kompas, dan kantor harian KompasTV.
  • Membuat press release : tulisan PR mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan Untar. Selain itu, Untar pun ingin media mengetahui bahwa Untar memiliki Humas. (Press Release harus mengandung news value), co : FSRD Untar ulangtaun dan menjadi salah 1 peserta dari IKODI
  • Press conference : PR mengundang media untuk meliput suatu acara/kegiatan yang diselenggarakan oleh Untar, co : Untar ulangtaun yang ke 55 di Ciputra World
  • Media gathering : upaya PR mengundang media, tapi bukan untuk meliput suatu kegiatan/acara, melainkan untuk bertukar pikiran dengan media. Bukan untuk melakukan publikasi, tapi mendekatkan diri dengan media. Sifat media gathering itu informal.
  • Mengenalkan para pakar yang Untar miliki sebagai narasumber untuk publikasi.
Tugas PR bidang Internal, yaitu:
  1. Mengelola media publikasi internal
  2. Mendukung pelaksanaan kegiatan yang dilakukan universitas, fakultas, lembaga-lembaga yang terdapat di dalam Untar ( BEM dan DPM pusat )
  3. Mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan


No comments:

Post a Comment