KOMUNIKASI EFEKTIF, KOMUNIKASI MASSA DAN OPINI PUBLIK
Permasalahan yang sedang menjadi trending topik merupakan hal yang menjadi sorotan orang komunikasi. baik dari sisi media maupun masyarakat(publik). dalam diskusi kelas kapita selekta pada 1 oktober 2015, Dr.Ir.H..Amirudin Saleh,Ms membahas mengenai keefektifan komunikasi massa dan opini publik.
komunikasi adalah masalah yang ada di sekitar dalam berkomunikasi dan mampu untuk menanganinya.
Pak Amirudin menjelaskan proses komunikasi yang efektif :
1. pengirim ide/gagasan.
pengirim membentuk suatu ide /gagasan
2. perubahan
terbentuknya ide tersebut, ide itu berubah menjadi pesan.
3. pengiriman pesan
ide yang telah berubah menjadi pesan, kemudian akan di kirimkan
4. penerima
pesan yang di kirimkan tersebut, di kirimkan untuk penerima.
5. reaksi penerima
pengirim pesan mengharapkan respond dari penerima
komunikasi yang efektif akan berpengaruh pada sosiologi konflik, dalam pembahasan mengenai permasalahan perkebunan. komunikasi yang efektif itu penting karena antara perusahaan perkebunan dengan media, perusahaan perkebunan dengan masyarakat, harus ada harmonisasi. karena ada masyarakat (+) dan ada masyarakat (-). pihak perusahaan perkebunan harus memerhatikan hal seperti itu. dalam masyarakat itu terbagi-bagi, ada ,masyarakat pro dan ada masyarakat kontra. tim humas perusahaan harus mengerti adaya pengotakan dalam masyarakat ini.
kapan suatu komunikasi itu dibilang efektif ?
ketika pesan dari komunikator disampaikan dnegan baik dan mendapat respond/ adanya pertukaran informasi (sharing) ke komunikan.
Paradigma Komunikasi
inti dari persepsi --> interpretasi
1. pengalaman masa lalu
2. pengetahuan (ilmu)
3. believe / kepercayaan
4. value / norma dan budaya
Paradigma komunikasi 4 poin tersebut membentuk persepsi tiap orang, dan membentuk interpretasi. dalam proses komunikasi ketika seseorang akan menyampaikan pesan, adanya pengalaman masalalu, ilmu pengetahuaan yang dimiliki kepercayaan yang dianut serta norma dan budaya yang ada dimana seseorang itu tumbuh akan mempengaruhi isi pesan yang akan di sapaikan, yang mempengaruhi persepsi serta membentu interpretasi tersendiri.
No comments:
Post a Comment