Tantangan
& Perubahan pada Media Komunikasi.
Topik pembahasan pertemuan kali ini di kelas
Kapita Selekta ialah Tantangan &
Perubahan pada Media Komunikasi. Pada hari itu Kamis 10 September 2015, kita
kedatangan dosen tamu Bapak Widyatmoko Kukuh Sanyoto yang merupakan seorang
dosen, pengarang buku dan jurnalis. Bapak Widyatmoko Kukuh Sanyoto, yang
mempunyai banyak sekali pengalaman hidup bahwa masa depan diri sendiri tidak
dapat ditentukan oleh orang lain, melainkan dari diri sendiri.
Menurut beliau kekuatan media yang terus berkembang
mengakibatkan terjadinya evolusi dalam kehidupan manusia. Awalnya hanya
disampaikan dari mulut ke mulut hingga saat ini pesan dapat disampaikan melalui
radio, televisi bahkan handphone. Telah terjadi perubahan yang sangat besar
pada alat komunikasi.
Dan kemajuan teknologi telah mempengaruhi teknologi
komunikasi sehingga peradaban manusia pun berubah. Media komunikasi tidak
dapat disamakan dengan media sosial. Berikut ini adalah beberapa point
perbedaan keduanya.
Perbedaan
|
Media Komunikasi
|
Media Sosial
|
Yang membatasi
|
Pemilik media
|
Para konsumen
|
Kontrol
|
Brand
|
Konsumen
|
Jenis komunikasi
|
Satu arah
|
Dua arah
|
Sifat pesan
|
Mengulang pesan yang
ada
|
Mengadaptasi pesan
|
Fokus
|
Brand
|
Konsumen
|
Sifat
|
Menghibur
|
Mempengaruhi dan
melibatkan
|
Pembuat konten
|
Perusahaan
|
Para pengguna
|
Media terus
memperbaharui dirinya seiring perkembangan jaman. Tidak hanya perubahan pada
fisik, melainkan perubahan dari dalam pun juga diperbaharui. Seperti yang
dikatakan di atas, jika jaman dulu media hampir secara keseluruhan dipegang
oleh para pemiliknya, maka saat ini masyarakat mempunyai tempat tersendiri
untuk mempengaruhi para media.
Sebelum menutup pelajarannya Bapak Kukuh menyimpulkan bahwa kemajuan tekhnologi membuat dan membawa perubahan dalam akses komunikasi seperti :
- Menjangkau keseluruh dunia
- Mencari peluang akan munculnya perubahan pasti
- Akses Transfer yang rill menjadi perubahan bagi kehidupan dimasyarakat baik dalam hal positf ataupun negatif
No comments:
Post a Comment